10 Cara Ampuh Hemat Biaya Pernikahan

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan oleh calon pengantin untuk menghemat biaya pernikahan. Bagi yang pro, mereka akan berpikiran untuk apa membuang banyak biaya untuk sebuah pesta pernikahan, sementara kebutuhan lainnya yang lebih real ketika memasuki tahapan rumah tangga lebih membutuhkan perhatian. Namun ada juga yang kontra karena mereka berpendapat bahwa menikah itu satu kali dan harga diri keluarga besar seakan dipertaruhkan bila mengadakan pesta “yang biasa-biasa” saja. Bagi Anda yang tertarik membaca artikel ini, tentu saja tertarik dengan konsep hemat untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan.

1. Mengklasifikasikan tamu undangan dengan tepat

Pernikahan di Indonesia memang terkenal dengan pernikahan yang mengundang ratusan hingga ribuan tamu (yang mungkin juga tidak dikenal oleh kedua mempelai karena tamu-tamu itu adalah tamu dari orang tuanya). Perlu beberapa klasifikasi tamu yang harus disiapkan untuk lebih mudah memangkasnya. Pada dasarnya, semakin banyak tamu yang diundang semakin besar budget yang harus dipersiapkan.

Sistem kekerabatan di Indonesia yang begitu kental mengharuskan kedua pengantin untuk mengundang keluarga terdekatnya, dimulai dari para sesepuh. Inilah daftar tamu pertama yang harus diundang. Setelah keluarga, lingkungan tetangga sekitar dari kedua mempelai perlu dipilah dari yang terdekat. Daftar yang ketiga adalah teman terdekat dan kolega atau rekan bisnis yang sehari-hari berinteraksi dengan kedua mempelai diawali dari yang terdekat dan atasan langsung. Pilahlah teman dan kolega yang masih berinteraksi dalam satu tahun terakhir. Bila ada teman yang tak termasuk di dalamnya, berilah pengertian kalau pesta ini hanyalah pesta keluarga. Untuk teman dan kolega, Anda dapat memanfaatkan undangan eletronik atau menggunakan satu undangan untuk satu divisi Anda.

2. Rencanakan lebih lama dan menikahlah di tanggal yang tepat

Semakin jauh waktu yang digunakan untuk persiapan, semakin banyak keuntungan dan biaya yang bisa dipangkas. Pemesanan wedding venue atau hotel ballroom biasanya akan menggunakan harga yang mengikat mengikuti tahun sebelumnya bila dipesan jauh-jauh hari. Waktu persiapan yang relatif lama, memungkinkan calon pengantin mencari vendor dan kebutuhan pernikahan dengan harga yang sesuai budget namun kualitas yang maksimal. Pesanan kartu undangan atau souvenir pun akan jauh lebih murah jika waktunya tidak terlalu dekat.

Selain itu, hindari tanggal-tanggal yang banyak diminati orang untuk mengantisipasi lonjaknya kenaikan harga. Kecendrungan pemilihan tanggal yang mudah diingat karena tergolong “tanggal cantik” menyebabkan para vendor menggandakan harga untuk mengatasi lonjakan permintaan. Menikah di hari kerja juga dapat menjadi alternative menghemat biaya karena harga yang ditetapkan di hari kerja jauh lebih murah daripada di akhir pekan.

3. Berhemat dengan dekorasi sederhana

Dekorasi ruangan pesta biasanya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, memilih wedding venue yang telah memiliki dekorasi interior yang sudah cantik dan menawan tidak membutuhkan banyak tambahan dekorasi. Berarti akan ada penghematan yang lebih banyak lagi dari segi dekorasi. Pilihlah dekorasi ruangan yang sederhana namun elegan. 

4. Selalu berpegang teguh dengan konsep “sederhana”

Konsep pesta yang direncanakan juga memegang andil yang besar akan pengeluaran biaya. Semakin detail yang ingin dikerjakan, semakin banyak usaha dan tentunya biaya yang harus disiapkan. Bila menghemat biaya adalah tujuan Anda, tetaplah berpegang pada konsep sederhana. Semuanya dikembalikan pada fungsinya. Alih-alih menggunakan kartu undangan dengan kertas dan kemasan khusus, lebih baik Anda menggunaan format undangan yang lebih sederhana, dengan kertas biasa namun dapat menimbulkan kesan elegan dan “tidak murahan”.

Kebutuhan yang dapat dikembalikan lagi ke konsep sederhana adalah wedding cake dan dekorasi. Kesederhanaan yang Anda terapkan tidak akan mengurangi esensi pesta yang Anda gelar.

5. Manfaatkan pertemanan

Harga teman pastilah banyak membantu menghemat biaya. Punya banyak teman yang bisa membantu melancarkan pesta pernikahan Anda dengan kemampuan yang mereka miliki adalah salah satu cara terampuh yang dapat ditempuh calon pengantin. Beberapa teman baik bahkan tidak mengenakan biaya apapun untuk bantuan yang mereka tawarkan. Mereka banyak yang menawarkan bantuan untuk berpartisipasi dalam pesta Anda karena bantuan mereka jauh lebih berharga daripada hadiah lainnya yang a la kadarnya. 

6. Paket Pernikahan dari Vendor

Manfaatkan berbagai paket pernikahan dari vendor bridal atau wedding venue yang biasanya bekerjasama dengan vendor-vendor penting lainnya. Harga yang mereka tawarkan untuk paket pernikahan biasanya jauh lebih murah dibandingkan bila Anda mendatangi satu persatu vendor penyedia jasa untuk pesta pernikahan Anda.

Beberapa vendor juga menerapkan harga yang mengikat pada paket pernikahannya sehingga Anda bisa lebih menghemat lagi jika Anda memilih dan membayar sejumlah uang sebagai Down Payment jauh-jauh hari. Manfaatkan harga-harga promosi yang ditawarkan pada saat pameran pernikahan, seperti pada pameran Jakarta Wedding Festival atau Wedding Celebration Festival yang diadakan Weddingku atau di waktu-waktu tertentu untuk lebih mengurangi lagi pengeluaran.

7. Melakukan banyak “pekerjaan rumah”

Calon pengantin yang cerdas biasanya melakukan banyak research untuk mencari vendor yang tepat untuk ia gunakan di pesta pernikahannya. Banyak bertanya pada rekan-rekan atau mengikuti forum diskusi yang ada di website pernikahan banyak memberi masukan informasi berdasarkan pengalaman calon pengantin yang lain. Manfaatkan pula website pernikahan, seperti Weddingku.com untuk mencari vendor-vendor yang berkualitas dengan pelayanan yang dinilai baik oleh kliennya. Vendor Review yang merupakan fitur Weddingku yang dapat menjadi barometer kepuasan para pengantin yang telah bekerjasama dengan para vendor wedding. 

8. Meminjam lebih baik daripada membeli

Menggunakan gaun pengantin yang sama waktu ibu Anda menikah atau menggunakan perhiasan warisan dari nenek sewaktu ia menikah dulu adalah cara lain untuk menghemat biaya. Beberapa pengantin yang berpikiran praktis banyak yang lebih memilih meminjam gaun pengantin dari bridal dibandingkan harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli yang baru.

Foto-foto lama di atas meja jati kuno yang dimiliki orang tua Anda akan menambah kesan personalisasi a la vintage yang kini menjadi tren dekorasi. Dengan barang-barang pinjaman ini banyak biaya yang dapat dipangkas.

9. Sedikit kreatif banyak menghemat

Kreatifitas dan ide adalah barang mewah yang mahal. Masih berhubungan dengan pertemanan, manfaatkanlah kemampuan seni mereka untuk memeriahkan pesta pernikahan Anda. Anda memiliki teman dengan suara emas yang hingga kini hanya Anda dan teman-teman dekat yang tahu kelebihannya? Bujuk dia untuk menjadi MC atau penyanyi dalam pesta pernikahan Anda. Atau Anda memiliki teman-teman desain grafis yang canggih membuat undangan atau souvenir yang unik. Pesta Anda tak lagi “biasa-biasa” saja meski dana yang dikeluarkan tergolong terbatas.

10. Pilih yang bermanfaat ganda

Minimalisir hal-hal yang hanya menjadi sampah di akhir acara Anda. Biasanya hal yang paling disasar terlebih dahulu adalah bunga-bunga yang digunakan untuk dekorasi atau yang dikenakan beberapa orang yang memeriahkan pesta Anda. Daripada membuang hand bouquet yang Anda beli dengan harga yang lumayan, Anda dapat menggunakannya kembali sebagai hiasan di kamar pengantin Anda. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan boneka atau pengganti lainnya untuk acara lempar bunga.

Anda juga dapat menggunakan bunga-bunga yang akan digunakan di dalam ruangan pesta untuk menghiasi ruangan tempat Anda mengikat janji suci di ruangan lainnya. Anda hanya perlu bantuan orang lain untuk mengawasi agar bunga-bunga ini tidak rusak sebelum waktunya.