cara mengobati pilek pada kura kura

Pilek adalah penyakit yang biasa menjangkiti semua jenis kura-kura, baik itu kura-kura darat, kura-kura full akuatik, atau kura-kura semi akuatik. Berikut ini adalah cara - cara untuk mengobati pilek pada kura - kura.

  • Penyebab pilek pada Kura-Kura
    Sebab pilek pada kura-kura sama seperti penyebab pilek pada ular, yaitu ketidakstabilan suhu dalam kandang atau dalam air tempat memelihara kura-kura tersebut. Pada kura-kura darat, penyebab pilek pada kura-kura darat seperti sulcata, pardalis, dan emys adalah suhu kandang yang naik turun. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca dan lain sebagainya. Pada kura-kura akuatik seperti labi-labi, common snapping, dan alligator snapping serta kura-kura semi akuatik seperti kura-kura brazil, penyebab pilek pada kura-kura akuatik dan kura-kura semi akuatik adalah suhu air yang terlalu dingin atau suhu air yang fluktuatif, suhu naik turun atau tidak stabil.

  • Ciri Pilek Pada Kura-Kura.
    Ciri pilek pada kura-kura air (kura-kura full akuatik) dan kura-kura semi-air (kura-kura semi akuatik) adalah jika anda mengangkat kura-kura itu dari air, maka akan muncul gelembung dari lubang hidungnya. Kura-kura air dan kura-kura semi air yang pilek juga mengalami mogok makan. Pada kura-kura darat seperti kura-kura pardalis, kura-kura sulcata, dan kura-kura emys, ciri kura-kura darat yang kena pilek adalah hidung dan mulut kura-kura tersebut terlihat basah, mata kura-kura kadang terpejam, dan nafsu makan kura-kura berkurang. 

  • Mengobati Kura-Kura Yang Pilek.
    Pilek pada kura-kura air dan kura-kura semi air bisa diobati dengan memberikan garam ikan ke dalam air tempat pemeliharaanya. Anda juga bisa menaikkan suhu air secara bertahap sebanyak 5 celcius dari suhu normal air. Penjemuran juga bisa dilakukan untuk mengobati kura-kura yang pilek, baik itu kura-kura full akuatik, kura-kura semi akuatik, atau kura-kura darat. Penjemuran kura-kura darat bisa dilakukan dibawah matahari pagi dibawah jam 10 siang selama 10 menit, sementara menjemur kura-kura akuatik dan semi akuatik cukup dilakukan selama 5 menit dibawah jam 10 siang. Penjemuran bisa dilakukan setiap hari selama satu minggu sambil terus diobservasi dengan cara fisik (dilihat hidungnya) serta dengan cara non fisik (dilihat nafsu makannya, apakah sudah normal atau belum. Jika ciri fisik dan non fisik dari ciri kura-kura pilek sudah tidak terlihat, lanjutkan proses pengobatan selama 3 hari lagi untuk memastikan pilek pada kura-kura benar-benar sudah sembuh. 

  • Obat untuk mengobati pilek pada kura-kura.
    Untuk obat untuk kura-kura yang pilek anda bisa menggunakan Terramycin yang banyak dijual di toko obat, apotik, atau di toko hewan khusus reptil. Sedot terramycin dengan menggunakan suntikan, lalu teteskan satu tetes terramycin ke hidung torto atau kura-kura. Ingat, hanya DITETESKAN lewat hidung, bukan disuntikkan lewat hidung. Lakukan pengobatan dengan Terramycin dengan dosis satu kali sehari selama satu minggu berturut-turut.

Sumber